PENGARUH SIKAP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.52187/rdt.v2i1.32Keywords:
sikap belajar, motivasi belajar, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel bebas (sikap dan motivasi belajar) terhadap variabel terikat (prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial) peserta didik terutama di SMP Negeri daerah Jakarta Timur. Jika didapatkan pengaruh yang bersifat positif dan sangat signifikan/meningkat, maka seberapa kuat pengaruh variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - Juli 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei. Dalam menganalisis teknik yang digunakan yaitu teknik analisis korelasi dan juga teknik regresi. Teknik ini menghubungkan data yang menunjukan sikap dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Populasi penelitian ini berjumlah 666 seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 81, SMP N 192, dan SMP N 222 Jakarta Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 orang dari tiga sekolah dimana masing-masing sekolah terdiri atas 47 peserta didik dari SMPN 81, 15 peserta didik dari SMPN 192, dan 25 peserta didik dari SMPN 222. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan sikap dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik di SMP Negeri Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 7,421. 2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan sikap belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik SMPN di Jakarta Timur. Hal ini dbuktikan dengan nilai Sig = 0,136 > 0,005 dan Fhitung = 1,506. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMPN di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05, dan Fhitung = 3,301.
Â
The purpose of this study is to determine the influence of the independent variables (learning attitudes and motivation) on the dependent variable (social science learning achievement) of students, especially in Junior High Public School in East Jakarta. If there is a positive, significant and grow up influence, then how strong is the influence of the independent variable on the dependent variable. This research was conducted in March - July 2018. The method used in this study was a survey research method. Data collection techniques used are correlation and regression analysis techniques, namely connecting the data that shows attitudes and motivation to learn with data that shows learning achievement in Social Sciences. The population of this study was 666 all students of class VIII SMP N 81, SMP N 192, and SMP N 222, East Jakarta. The sample used in this study were 87 students from three schools where each school consisted of 47 students from SMPN 81, 15 students from SMPN 192, and 25 students from SMPN 222. The results of this study prove that: 1) there are significant influence of attitudes and motivation to learn together on the learning achievement of students in Social Sciences (IPS) at Junior High Public School in East Jakarta. It is found by the value of Sig = 0.000 <0.05 and Fcount = 7.421. 2) There is an insignificant effect of learning attitudes on the learning achievement of Social Sciences (IPS) students of SMPN in East Jakarta. This is evidenced by the value of Sig = 0.136> 0.005 and Fcount = 1.506. 3) There is a significant effect of motivation on the learning achievement of Social Sciences students of SMPN in East Jakarta. It is found by the value of Sig = 0.001 <0.05, and Fcount = 3.301.
References
Asnan. (2013). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Pemberian Balikan Pada Siswa Kelas Vb Mi Islamiyah Kedungmegarih Lamongan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Nofianti, & Q. (2017). Ringkasan Buku Metode Penelitian Survey.
Sapti, M. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1–15.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Cet.19). Bandung: ALFABETA, CV.
Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Cet.4). Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
WJS, P. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia (Cet.3). Jakarta: Departemen Pendidian Nasional.