PERANCANGAN DAN PEMBUATAN COMBINATION DIES PRODUK WALL BRACKET UNTUK TOWEL BAR

Authors

  • Shanti Kumbarasari Polin ATMI Cikarang
  • Theodorus Argo Nugroho Politeknik Industri ATMI
  • Amadea Widi Dewata Politeknik Industri ATMI
  • David Hendra Krisstyoko Politeknik Industri ATMI
  • Erwin Suryana Politeknik Industri ATMI
  • Laksana Ari Hadi Priyadi Politeknik Industri ATMI
  • Eko Sulistyo Wibowo Politeknik Industri ATMI

DOI:

https://doi.org/10.52187/rdt.v1i2.25

Abstract

Untuk pemenuhan kebutuhan proyek bangunan  skala apapun,   target waktu yang relative cepat maka diperlukan kerja sama pada subcont penyedia pelengkap proyek bangunan. Bagian sanitasi merupakan kelengkapan interior bangunan, salah satu komponen bagian sanitasi adalah towel bar. Wall bracket yang menjadi bagian towel bar selama ini metode pembuatannya menggunakan mesin bubut manual 1 pcs wall bracket membutuhkan waktu 2 jam. Agar ketersediaan produk towel bar terutama wall bracket dapat tepat waktu, bentuk produk konsisten maka diperlukan inovasi dalam metode pembuatannya yaitu salah satunya menggunakan metode combination dies untuk meningkatkan produksi dan memenuhi permintaan 200 pcs/bulan. Agar mendapatkan produk wall bracket dengan dimensi  diameter luar 33.1 mm, tinggi, diameter dalam 3.5 mm, tinggi 8 mm, sudut 82odengan ketebalan 2 mm dengan metode pengerjaan combination dies pada mesin Nagao 110 Ton ditentukan oleh  ukuran punch atau drawing die yang tepat, sistem knock out, perhitungan stroke yang tepat sehingga produk tidak menempel pada dies. Pembuatan produk wall bracket pada towel bar dengan metode dies combination dapat mempersingkat waktu proses permesinan dan setiap produk yang dihasilkan dapat lebih dari satu produk disesuaikan dengan kapasitas mesin stamping.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Kumbarasari, S. ., Nugroho, T. A. ., Dewata, A. W. ., Krisstyoko, D. H. ., Suryana, E. ., Priyadi, L. A. H. ., & Wibowo, E. S. . (2020). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN COMBINATION DIES PRODUK WALL BRACKET UNTUK TOWEL BAR. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 1(2). https://doi.org/10.52187/rdt.v1i2.25